Tips Sederhana Agar Olahan Daging Kambing Tidak Berbau dan Alot

cara mengolah daging kambingcara mengolah daging kambing memang ada triknya sendiri. Karena kalau sampai salah saat mengolahnya, daging kambing akan tetap alot dan bau. Kalau sudah begini, hidangan yang akan di buat pun jadi kurang enak dan sempurna.

Terlebih saat hari raya Idul Adha tiba. Kita akan mendapat cukup banyak daging kambing yang siap untuk diolah. Untuk memastikan daging kambing tidak alot dan tidak bau saat diolah, yuk ikuti beberapa cara mengolah daging kambing berikut ini.

1. Singkirkan Lemak dan Jangan Dicuci

Bau prengus daging kambing itu biasanya berasal dari lapisan lemak yang melekat. Jadi cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan membuang bagian lemaknya sebelum disimpan. Selain itu daging kambing tidak perlu dicuci. Lebih baik dicuci saat akan diolah. Kalau dicuci dulu lalu disimpan, daging kambing akan semakin berbau.

2. Taburi Garam Kalau Sudah Telanjur Dicuci

Kalau daging kambing sudah telanjur dicuci, untuk menetralisir aromanya coba taburi dengan garam. Taburi garam secara merata ke seluruh permukaan daging, diamkan selama 1 jam lalu dicuci lagi saat akan diolah. Atau bisa pula di rebus dengan aneka rempah seperti serai, jahe, dan daun jeruk untuk menyingkirkan aroma tidak sedapnya. Nanti saat daging akan diolah lagi bisa langsung dimasak dengan berbagai tambahan bumbu lainnya.

3. Lumuri dengan Parutan Buah Pir atau Buah Nanas Muda

Sediakan parutan buah pir atau nanas muda. Pakai bahan tersebut untuk merendam daging kambing selama kurang lebih 30 menit. Parutan buah tersebut bisa juga dipakai untuk merendam atau melumuri daging kambing agar nanti bisa lebih empuk saat diolah.

4. Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis bisa juga dipakai untuk menyingkirkan bau amis, melunakkan dan membunuh bakteri pada daging kambing. cara mencuci daging kambing cukup mudah. Tinggal lumuri daging dengan air perasan jeruk nipis, diamkan kurang lebih 1/2 jam lalu masak seperti biasa.

5. Bungkus Daging Kambing dengan Daun Pepaya atau Daun Jambu Biji

Daun pepaya dipercaya memiliki enzim yang bisa membuat daging kambing jadi lebih empuk. Daun pepaya bisa dipakai untuk membungkus daging kambing. Atau kalau tidak ada, kamu bisa pakai daun jati atau daun jambu biji untuk membungkusnya. Dengan cara memasak daging kambing agar empuk tersebut, daging kambing nantinya tidak akan berbau dan terlalu alot saat akan diolah.

Nah, Itulah tadi Ladies beberapa cara masak daging kambing praktis yang bisa dicoba dirumah untuk mengolah daging kambing agar tidak alot dan tidak bau. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

WHAT DO YOU THINK